Hamdani, Mulya (2021) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dalam (PAI) dalam Mengolah Kelas di SMPN 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.045 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.045 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.045 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.045 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.045 BAB 4.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.045 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.045 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi professional guru merupakan kemampuan guru dalam mengelolah, menguasai dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan kondusif di dalam kelas guna melaksanakan tujuan proses belajar mengajar yang telah ditentukan dan ingin dicapai. Dengan memiliki kompetensi professional ini peserta didik dapat meningkatkan kemampuan dan penegtahuannya pada pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan terjunag langsung kel lapangan dan instrumen pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis kualitatif denga cara menyederhanakan data yang diambil dan menarik kesimpulan dan valid. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi professional guru PAI dalam mengolah kelas di SMPN 8 Parepare sudah terlaksanan sebagimana mestinya dengan memperhatikan dasarkompetensi professional guru yakni pedegogik, kepribadian social, dan professional. Hal ini tentuya guru melakukan upaya dan usaha supaya kompetensi professional mereka terlaksana dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Usaha yang mereka lakukan ialah selalu mengikuti kegiatan kegiatan perkumpulan guru PAI seperti MGMP, workshop, memperbanyak relasi dengan membaca buku, serta menemukan metode dan media yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Selain usaha tentunya juga memiliki factor dalam mewujudkan kompetensi professional guru baik itu factor internal dari guru sendiri maupun factor eksternaal seperti peserta didik, kepala sekolah maupun sekolah itu sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kompetensi professional guru PAI dalam mengolah kelas di SMPN 8 Parepare sudah terlaksana dengan baik, efektif dan kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi professional, guru PAI, mengelolah kelas |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 01:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 01:29 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2688 |
Actions (login required)
View Item |