Khadijah, Khadijah (2021) Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Sekolah Ramah Anak di SD Negeri 28 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.026 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.026 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.026 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.026 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.026 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.026 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.026 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peneliti melihat keadaan lingkungan sekolah seperti lingkungan dalam menunjang program sekolah ramah anak melakukan perawatan terhadap tanaman sehingga tertata dengan rapih dan bersih selain itu keadaan sarana dan prasarana di SD Negeri 28 Parepare cukup baik dalam menunjang program sekolah ramah anak seperti tersedianya bangunan 2 lantai, ruang UKS, ruang mushollah dan lapangan yang cukup luas untuk melakukan berbagai agenda kegiatan. Semakin baik keadaan lingkungan sekolah maka semakin memotivasi belajar peserta didik.untuk lebih giat dalam meraih prestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SD Negeri 28 Parepare. Data bersumber dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik SD Negeri 28 Parepare. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis datanya menggunakan analisis reduksi data dan penyajian data. Uji keabsahan data dilakukan dengan empat tahapan, meliputi derajat kepercayaan (perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi), keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa: Program sekolah ramah anak di SD Negeri 28 Parepare dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik, hal ini dilihat dari ciri-ciri sekolah ramah anak yang diterapkan di SD Negeri 28 Parepare telah tercermin dari berbagai macam kegiatan dan program yang telah dijalankan di SD Negeri 28 Parepare yaitu: sikap terhadap peserta didik, metode pembelajaran yang menyenangkan, fasilitas pembelajaran yang memadai sebagai penunjang proses pembelajaran, perlibatan peserta didik dalam berbagai aktivitas dan kegiatan pembelajaran, penataan kelas dengan melibatkan peserta didik. Adapun dampak program sekolah ramah anak yaitu memberikan dampak positif terhadap kehidupan sehari-hari pserta didik karena dengan adanya sekoalah ramah anak yang membuat peserta didik rutin melakukan pembiasaan kegiatan keaagamaan seperti mengucapkan salam, berdoa, mengaji, melantunkan asmaul husan, shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, yasianan dan zikir bersama setiap hari jumat pagi. Tentunya dengan pembiasaan keagamaan yang rutin dilakukan akan mengarahkan kehidupan peserta didik menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, sekolah ramah anak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:05
Last Modified: 11 Oct 2021 01:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item