Arifing, Arfina Damayanti (2021) Self Confidence Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen(Analisis Sikap Kurang Percaya Diri Terhadap Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.3100.012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Rasa percaya diri diperlukan dimana saja seseorang itu berada. Karena itu, rasa percaya diri perlu dibangun dan dikembangkan secara positif. Maka mahasiswa sebagai seorang pendidik yang berfungsi sebagai subjek maupun objek dituntut untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitarnya. Hal tersebut menjadikan mahasiswa sebagai motivasi untuk dirinya sendiri. penelitian ini yaitu bertujuan untuk menganalisis sikap Kurang Kepercayaan diri Mahasiswa pada saat berinteraksi dengan dosen dan untuk mengubah seorang mahasiswa mempunyai rasa percaya diri rendah menjadi percaya diri tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualiatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis pada penelitian ini melalui dua tahap yaitu dengan menggunakan faktor penyebab munculnya sikap kurang percaya diri mahasiswa dan menganalisis sikap kurang kepercyaan diri dalam berinteraksi kepada Dosen. Selanjutnya peneliti melakukan analisis dengan menggunakan teori Konsep diri, interaksi simbolik dan toeri S-O-R. Hasil penelitian yang sudah dilakukan penulis menemukan bahwa banyaknya fakta-fakta yang terjadi dikalangan mahasiswa dalam sikap kurang kepercayaan dirinya seperti faktor yang disebabkan oleh fisik atau mental seseorang yang masih cenderung pasif akan kepercayaan dirinya, faktor penyebab lainnya adalah seseorang dipengaruhi dengan sikap depresi serta kritik internal atau mental diri. Dengan menggunakan teori yaitu teori konsep diri dengan dua komponen yaitu citra diri dan harga diri yang menimbulkan bahwa masih banyaknya mahasiswa yang kurang akan kepercayaan dirinya, teori interaksi simbolik yang menegaskan bahwa seseorang atau mahasiswa berinteraksi dengan dosen yang akrab dan tidak akrab terletak pada kepercayaan diri, adapun teori S-O-R yang menekankan bahwa sikap mahasiswa dalam menyampaikan informasi mendapatkan respon positif dan negatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Interaksi, Self Confidence |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:27 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2683 |
Actions (login required)
View Item |