Herlina, Herlina (2021) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam memelihara akhlakul karimah terhadap peserta didik di SMP Negeri 10 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.011 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.011 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.011 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.011 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.011 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.011 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.011 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam memelihara akhlakul karimah peserta didik di SMP Negeri 10 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru pendidikan agama Islam dan sumber data sekunder yaitu dokumen yang berkaitan dengan focus penelitian. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian yang didapat selama penelitian berlangsung di SMP Negeri 10 Pinrang yaitu (1) upaya guru pendidikan agama Islam dalam memelihara akhlakul karimah terhadap peserta didik di SMP Negeri 10 Pinrang yaitu a) melalui pembelajaran PAI yang kadang kala dalam pembelajaran terselipkan nasihat-nasihat guna untuk terus memelihara akhlakul karimah peserta didik. b) memberikan contoh keteladanan yang baik terkait perilaku maupun sebuah ucapan yang tidak hanya di arahkan akan tetapi pemberian contoh yang diperlihatan. c) mendorong kreativitas dalam berfikir sehingga peserta didik mampu untuk membedakan yang baik dan buruk dalam berfikir untuk kedepanya. d) memberikan motivasi dan apresiasi yang senantiasa pendidik berikan sehingga memberikan nyaman dan bersemangat serta membuatnya mudah memahami suatu penyampaian dengan baik. Sehingga dalam pemeliharaan akhlakul karimah misalnya pengontrolan ibadah yang senantiasa di arahkan, dan pengentrolan akhlakul karimah dengan adanya pembiasaan millau tabe’ yang senan tiasah di biasakan bagi setiap peserta didik baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. (2) memelihara akhlakul karimah terhadap peserta didik yang diupaya oleh guru pendidikan agama Islam, tidak ada kata berhenti dalam pemeliharaan akhlakul karima peserta didik, yang mana dalam pemeliharaannya itu senantiasa diingatkan dan di kontrol yang dilakukan dalam proses pembelajaran ataupun di luar dari tersebut. Guna untuk membiasakan, suatu tindakan maupun yang bersifat ibadah kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Pemeliharaan Akhlakul Karimah, Peserta Didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 05:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 05:41 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2680 |
Actions (login required)
View Item |