Muliadi B., Mus (2021) Internalisasi Pesan Kalindaqdaq Mandar terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik pada Sekolah Dasar di Kecamatan Tammerodo Sendana (Tinjauan Nilai Pendidikan Islam). Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
19.0211.029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini membahas tentang internalisasi pesan kalindaqdaq Mandar terhadap pembentukan karakter religius peserta didik khususnya peserta didik sekolah dasar. Adapun tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui internalisasi pesan kalindaqdaq Mandar terhadap pembentukan karakter religius peserta didik pada sekolah dasar di Kecamatan Tammerodo Sendana dalam tinjauan pendidikan Islam. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan historis, sastra, antropologi, sosiologis, teologis, pedagogis dan psikologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan alat pengumpul data yaitu lembar pedoman observasi, pedoman wawancara, Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi; teknik pengolahan dan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; dan teknik pengujian kabsahan data yang meliputi, triagulasi sumber, triagulasi waktu, triagulasi teori, dan triagulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan Kalindaqdaq di Kecamatan Tammerodo Sendana yaitu Kalindaqdaq digunakan pada acara penamatan sekolah dan acara penamatan mengaji bagi anak-anak sekolah dasar. Penutur kalindaqdaq akan setengah berteriak mengirimkan kata-kata puitis penuh sindiran yang dalam untuk sang penunggang kuda, wanita cantik yang mengenakan pakaian adat daerah Mandar. (2) Nilai pendidikan Islam dalam internalisasi kalindaqdaq Mandar untuk membentuk Karakter Religius Peserta Didik pada Sekolah Dasar Kecamatan Tammerodo Sendana adalah prosesi pelaksanaan tradisi kalindaqdaq yang sering digunakan pada prosesi upacara mappatamma’ yaitu kalindaqdaq/pantun Mandar yang berisi tentang agama atau ketuhanan kalindaqdaq telah mewarnai kehidupan sastra daerah, khususnya suku bangsa Mandar karena sejalan dengan ajaran Islam. (3) Karakter Religius Peserta Didik pada Sekolah Dasar di Kecamatan Tammerodo Sendana yaitu shiddiq, amanah, tabliq, dan fathonah. Implikasi teori berhubungan dengan Kalindaqdaq berfungsi sebagai saling bersilaturrahmi dengan masyarakat yang lain, baik itu keluarga dekat, keluarga yang jauh, bahkan dengan orang lain. Selain itu pengingat, hiburan, penyemangat, pendidikan atau nasehat, bisa juga sebagai wada atau sarana pengungkapan perasaan terhadap orang lain. Karena kalindaqdaq memiliki unsur bahasa yang sangat dalam maknanya, bukan karena bahasa itu bukan mengandung unsur kebaikan, tapi dapat juga mengandung hal yang buruk.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kalindaqdaq mandar, karakter religious |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 07:49 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 07:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2669 |
Actions (login required)
View Item |