Kusnadi, Kusnadi (2021) Eksplorasi Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Makkuliwa pada Masyarakat Mosso Dhua Kab. Majene. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
19.0211.025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dan memahami perkembangan tradisi makkuliwa di masyarakat Mosso Dhua Kab. Majene, mengetahui dan memahami proses pelaksanaan tradisi makkuliwa di masyarakat Mosso Dhua Kab. Majene, dan mengetahui dan memahami hasil eksplorasi nilai pendidikan Islam dalam tradisi Makkuliwa pada masyarakat Kab. Majene. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk pelaksanaan tradisi makkuliwa di masyarakat Mosso Dhua Kab. Majene tidak memiliki waktu-waktu tertentu, seperti sebulan atau setahun sekali. Tradisi ini dilakukan kapan saja, apabila ada rumah maru, perahu sudah jadi atau ketika nelayan ingin melaut, dan kendaraan baru. Untuk melaksanakan tradisi makkuliwa ada beberapa hal yang perlu disiapkan mulai dari menentukan waktu baik dan persiapan bahan makanan. Adapun syarat makanan kuliwa yang perlu disiapkan pada umumnya yaitu; seperti empat macam warna sokkol, empat macam pisang, telur ayam kampung, dupa, dan lain sebagainya. Setelah semuanya siap, proses tradisi makkuliwa mulai dilakukan dengan membaca makanan yang dipersiapkan dalam proses makkuliwa baik makkuliwa rumah baru, kendaraan baru, lopi baru, dan sebagainya, kemudian proses makkuliwa dilanjutkan dengan pembacaan barazanji oleh Imam masjid/annangguru, lantunan sholawat, dan berdoa. Setelah tradisi makkuliwa selesai, kemudian dilanjutkan makan bersama di rumah yang melakukan kuliwa. (2) Perkembangan tradisi makkuliwa di masyarakat Mosso Dhua Kab. Majene. Tradisi makkuliwa adalah merupakan tradisi yag dipelihara oleh masyarakat yang telah dilakukan dari generasi kegenerasi, walaupun dalam pelaksanaannya terkadang ada perbedaan antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya seperti berapa warna sokkol yang digunakan apakah empat warna, tiga warna, atau dua warna, berapa jenis pisang yang digunakan, dan lain sebagainya, perbedaan tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh perbedaan pengetahuan dan pemahaman yang didapatkan dari orang tua mereka dan juga karena minimnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat Mosso Dhua mempertemukan nilai tradisi makkuliwa dan nilai agama Islam. (3) Eksplorasi nilai pendidikan Islam dalam tradisi makkuliwa pada masyarakat Kab. Majene. Wujud nilai-nilai pendidikan Islam yang tercermin dalam tradisi makkuliwa yaitu selain sebagai bentuk permohonan diberi keselamatan dan rezeki yang banyak kepada Allah swt, tetapi juga memiliki nilai-nilai positif dalam pelaksanaannya. Nilai pendidikan Islam dalam tradisi makuliwa ini dapat tercermin dari adanya nilai iman, rasa syukur kepada Allah swt., nilai toleransi, nilai Kesetaraan, nilai kerukunan, nilai tolong menolong, dan nilai kesadaran beragama yang terkandung dalam prosesi pelaksanaan tradisi makkuliwa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksplorasi Nilai Pendidikan Islam dan Tradisi Makkuliwa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 07:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 07:39 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2668 |
Actions (login required)
View Item |