Nengsih, Sri (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Ahklak di Pesantren Al-Mustaqim Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Metode diskusi dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah. Belajar dengan menggunakan penelitian ini bertujuan untuk melibatkan peserta didik dalam pembelajaran dengan merefleksikan kegiatan mereka. Diskusi dapat memberikan motivasi pada peserta didik karena peserta didik sendiri yang mengalami dan memecahkan suatu masalah secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true-experimental designs dan instrumen pengumpulan data digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode diskusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah ahklak di Pesantren Al-Mustaqim Parepare. Hal tersebut dibuktikan dengan membandingkan besarnya t hitung dan t tabel yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel di mana t hitung = 0,96 sedangkan t tabel = 0,683. Dengan t hitung ≥ t tabel maka hipotesis dapat diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi efektif dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII Pesantren Al-Mustaqim Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode diskusi, hasil belajar aqidah ahklak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:22
Last Modified: 27 Sep 2021 08:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item View Item