Iftitah, Nur (2020) Penerapan Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Bulo Kec. Panca Rijang Kab. Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.1100.024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam kelas VIII SMP Negeri 5 Kec. Panca Rijang Kab. Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner atau angket, observasi dan dokumentsi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif. Skor total variabel reward (X1) adalah 2280. Sementara itu, skor ideal untuk reward (X1) adalah 5 x 10 x 54 = 2700 (5= skor tertinggi tiap item, 10= Jumlah butir instrumen, dan 54= Jumlah responden). Dengan demikian, reward (X1) yang ditampilkan adalah 2280 : 2700= 0.844 atau 84.4% dari kriterium yang ditetapkan. Sehinggah, dapat dikatakan bahwa reward (X1) termasuk dalam kategori baik. Sedangkan skor total variabel punishment (X2) 1781. Sementara itu, skor ideal untuk punishment (X2) adalah 5 x 8 x 54 = 2160 (5= skor tertinggi tiap item, 8= Jumlah butir instrumen, dan 54= Jumlah responden). Dengan demikian, punishment (X2) yang ditampilkan adalah 1781 : 2160 = 0.824 atau 82.4% dari kriteria ditetapkan bahwa punishment (X2) termasuk dalam kategori baik. Skor total variabel minat belajar adalah 2125. Sementara itu, skor ideal untuk minat belajar adalah 5 x 9 x 54 = 2430 (5= skor tertinggi tiap item, 9= Jumlah butir instrumen, dan 54= Jumlah responden). Dengan demikian, minat belajar yang ditampilkan adalah 2125 : 2430= 0.874 atau 87.4% dari kriterium yang ditetapkan. Sehinggah, dapat dikatakan bahwa Minat belajar(Y) termasuk dalam kategori sangat baik. Nilai Fhitung = 7,242 > Ftabel= 3,18, Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, bahwa terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) pemberian reward (X1) dan punishment (X2) dalam meningkatkan minat belajar PAI. Dapat disimpulkan bahwa pemberian reward (X1) lebih berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar dengan rhitung sebesar 0,464, daripada punishment (X2) dengan rhitung sebesar 0,314. Dan setelah dilakukan uji individu simultan, secara total dengan nilai mean antara reward (X1) dan punishment (X2) sebesar 0,470.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishment, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:41 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:41 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2662 |
Actions (login required)
View Item |