Irwan, Irwan (2021) Analisis dalam Penggunaan Metode T}abaqah Syarah Al- Juru<miyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang Kabupaten Polewali Mandar. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
19.0211.037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
Salah satu sumber pendidikan Islam adalah ijtihad para ulama. Namun, kitab-kitab mereka, ditulis dengan bahasa Arab. Hal ini membutuhkan cara untuk memahaminya, harus menguasai tata bahasa Arab dan kosa kata bahasa Arab. Pondok pesantren adalah sebagai Institusi Pendidikan yang mengajarkan program membaca kitab kuning. Misalnya, Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang. Untuk menganalisis metode pembelajaran kitab kuning tersebut yakni T{abaqah Syarah Al-Juru>miyyah, metode pembelajaran tersebut menampilkan karakteristik yang khas dan berbeda sebagaimana umumnya dipraktikkan oleh pondok pesantren lainnya, perihal tersebut menjadi problem akademik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, naturalistik, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data, menggunakan kredibilitas, triangulasi sumber, waktu dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran T{abaqah Syarah Al-Juru>miyyah mencakup di dalamnya beberapa proses dan saling mendukung dan berkontribusi yakni: Proses T{abaqah Iqra’, Tajwid, Barazanji, S}arf, Matan Al-Juru>miyyah dan metode T{abaqah Syarah Al-Juru>miyyah. Adapun T{abaqah Syarah Al-Juru>miyyah mencakup kombinasi metode ceramah/nasehat, metode hikayat, metode diskusi, metode tanya jawab, metode kelompok, metode pemberian tugas, metode al-Miftah dan metode al-Afka>r. (2) Faktor penunjang pokok dalam Metode T{abaqah Syarah al-Juru>miyyah adalah mengi’rab kalimat, menanyakan kedudukan kalimat dalam ilmu nahwu, melantunkan kaidah nahwu dengan bernyanyi, Memberikan tanggung jawab penuh pada santri dalam menentukan arti dalam kitab Syarah al-Juru>miyyah dengan kamus arab, (3) Implikasinya santri mampu membaca kitab kuning, baik itu karangan ulama klasik dan karangan ulama kontemporer dengan ilmu nahwu dasar Syarah Al-Juru>miyyah dan bekal kamus arab dalam pemaknaan huruf, isim, fi’il dan kalimat untuk mendalami ajaran agama Islam dari sumber aslinya yakni ajaran para ulama terdahulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode tabaqah syarah al-jurumiyyah, membaca kitab kuning |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 07:04 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 07:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2647 |
Actions (login required)
View Item |