Ernawati, Ernawati (2021) The Effect of Rotation Reading Literacy-based Activity Use towards Students’ English Reading and Writing Interest at Class VIII of SMP Negeri 1 Labakkang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.0213.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan berbasis literasi di SMP Negeri 1 Labakkang yaitu membaca bergilir. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan minat baca dan tulis siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan minat baca dan tulis siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan minat baca dan tulis siswa. Penelitian ini menggunakan desain komparatif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 20 item yang mewakili minat siswa dalam membaca dan menulis bahasa Inggris. Data tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 25 dan program komputer microsoft excel untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut dengan membandingkan minat baca tulis siswa pada kelas membaca bergilir dan kelas non-membaca gilir melalui pengujian nilai signifikansi (uji t) pada dua kriteria; pertama, jika tingkat signifikansi < 0,05 berarti ada pengaruh yang signifikan dan kedua, jika tingkat signifikansi > 0,05 berarti tidak ada pengaruh yang signifikan. Hasil uji t menunjukkan bahwa membaca bergilir berpengaruh signifikan terhadap minat membaca dan menulis bahasa Inggris siswa (0,000 < 0,05). Rata-rata skor minat membaca dan menulis siswa pada kelas membaca bergilir berada pada klasifikasi tinggi (membaca = 34, menulis = 34), sedangkan rata-rata skor minat membaca dan menulis siswa pada kelas non-membaca gilir adalah pada tingkat sedang (membaca =29, menulis = 27). Hasil penelitian menemukan bahwa siswa di kelas membaca bergilir memiliki minat yang tinggi dalam membaca bahasa Inggris (42 > 27) dan menulis (31 > 29) dibandingkan siswa yang belajar bahasa Inggris di kelas non-membaca gilir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Membaca Gilir, Minat Membaca, Minat Menulis
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Sep 2021 08:13
Last Modified: 17 Sep 2021 08:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item