Herlianti, Herlianti (2021) Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Indo’ Botting Damang Classic Parepare (Analisis Ekonomi Syariah). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.0224.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaf dengan menggunakan instrument penelitian Untuk pengambilan data diperoleh dengan menggunakan kuisioner dengan media kertas maupun google form kepada 67 responden berupa kuesioner angket untuk menganalisa hubungan variable yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik regresi lenear berganda dengan menggunakan variable harga sebagai variable X1, variable kualitas layanan sebagai variable X2, dan variable kepuasan pelanggan sebagai variable Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadapan kepuasan pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 0,428 + 0,160 (X1)+ €, nilai koefisien korelasi sebesar 0,923 artinya kedua variabel memiliki pengaruh sangat kuat.Uji hipotesis diperoleh t hitung < t tabel atau (1,103 < 1,996) hal ini diperkuat dengan probability signifikansi 0,274 > 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan pada Damang Classic. Harga dapat dinilai baik berdasakan uji one sample T test menunjukkan bahwa dari hasil rata-rata sama dengan 35 (70%). Kualitas Layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 0,428 + 0,536 (X2)+ €, nilai koefisien korelasi sebesar 0,945 artinya kedua memiliki pengaruh sangat kuat Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,171 > 1,996), hal ini diperkuat oleh probability signifikan 0,00 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Damang Classic. Kualitas layanan dapat dinilai sangat baik berdasakan uji one sample T test menunjukkan bahwa dari hasil rata-rata sama dengan 48 (98%). Kepuasan pelanggan dapat dinilai sedang berdasakan uji one sample T test menunjukkan bahwa dari hasil rata-rata sama dengan 32 (64%). Harga (X1) dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 0,428 + 0,160 + 0,536 + €. Dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultansebesar 89,5% sedangkan sisanya sebesar 10,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (273,745 > 3,991). Dengan demikian H0 ditolak H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Damang Classic.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:31
Last Modified: 17 Sep 2021 03:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item View Item