Nusriati, Nusriati (2021) Dampak Psikologis dan Sosial Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi pada Peserta Didik Kelas IV SDN 86 Parepare). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis dan sosial pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik Kelas IV SDN 86 Parepare. Penelitian ini berupa jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti langsung ke lapangan atau dilakukan di lapangan dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, guna memperoleh data yang jelas dan representatif. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 86 Parepare selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 berupa usaha mereka dalam mengerjakan tugas-tugas PAI dengan tekun yang diberikan oleh guru. Mereka berusaha mengumpulkan tugas-tugas sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Hal ini terjadi pada awal pandemi, motivasi belajar peserta didik terbilang bagus, akan tetapi selama pembelajaran daring telah berlangsung 14 bulan, peserta didik kemudian menjadi jenuh, bosan dan kurang termotivasi lagi untuk belajar. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar berupa, (a) faktor instrinsik yang mencakup minat, ekspektasi nilai dan tujuan, (b) faktor ekstrinsik yang meliputi keluarga dan lingkungan sekolah. (3) Pembeajaran yang berlangsung secara daring berdampak pada kondisi psikologis dan sosial para peserta didik, secara psikologis mereka mulai jenuh dan bosan dengan aktivitas belaja yang di rumah saja, sehingga menimbulkan kondisi tertekan yang berpotensi munculnya stres. Secara sosial, peserta didik menjadi kurang berkomunikasi, berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya mereka akibat social distancing. (4) Kondisi tersebut mengakibatkan berkurangnya motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dampak Psikologis, Dampak Sosial, Covid-19, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Implikasi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:06
Last Modified: 01 Sep 2021 08:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item