Hidayah, Magfiratul (2021) Sistem Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang sistem monitoring dan evaluasi proses pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengolahan dan analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah di IAIN Parepare (Fakultas Tarbiyah). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kompetensi profesional dosen Fakultas Tarbiyah yakni: Dari hasil edom (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa), dalam melakukan proses pembelajaran, 80% dosen Fakultas Tarbiyah mengajar sesuai dengan RPS yang telah dibuat berdasarkan SN-Dikti dan 20% belum sesuai (2) Sistem monitoring dan evaluasi proses pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare yakni dilakukan oleh Dekan dan masing-masing ketua Prodi Fakultas Tarbiyah, dengan cara memantau proses pembelajaran yang terintegrasi dalam sistem informasi kampus yakni melalui Sevima Edlink. Gugus penjaminan mutu Fakultas melakukan rekapitulasi kesesuaian SAP dengan realisasi SAP dosen, adapun kekurangan yang ditemukan ditindaklanjuti dengan pembinaan-pembinaan berupa pelatihan, workshop, maupun penyampaian melalui surat kepada dosen yang bersangkutan. (3) Impliksi dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare yakni setelah dilakukan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran maka proses pembelajaran berjalan lebih seimbang, ada kesadaran terhadap dosen untuk senantiasa menyempurnakan kekurang-kekurangan dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: monitoring, evaluasi, dosen, mahasiswa, kompetensi profesional
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:13
Last Modified: 01 Sep 2021 07:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item