Nurdin, Fatmawati (2020) Analisis Hukum Ekonomi Islam terhadap Hukum Perikatan Jasa Endorsement dalam Praktik Jual Beli Barang di Media Sosial (Studi di Kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.2200.041 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.2200.041 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.2200.041 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.2200.041 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.2200.041 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.2200.041 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.2200.041 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai sistem hukum perikatan yang diterapkan dalam perjanjian endorsement dalam praktik jual beli barang di media sosial yang ada di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif (qualitative research) yang bersifat analisis-deskriptif yang artinya penelitian ini berupaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan apa yang diteliti, melalui observasi, wawancara dan mempelajari dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data digunakan dalam penelitian lapangan (field research) melalui wawancara langsung dengan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perjanjian endorsement dibuat secara online melalui Whatsapp sehingga tidak berbentuk perjanjian hitam di atas putih. Perjanjian endorsement adalah perjanjian tidak tertulis atau disebut juga perjanjian lisan, oleh karena itu perjanjian endorsement dapat digolongkan sebagai perjanjian konsensuil yang sah dan mengikat sebagai undang-undang bagi kedua pihak yang terikat karena memenuhi semua syarat sahnya perjanjian yang tercantum dalam Pasal 1320 KUHPerdata. 2) Sengketa wanprestasi yang terjadi dalam perjanjian endorsement dapat diselesaikan dengan dua cara yaitu dengan cara non-litigasi dan cara litigasi atau penyelesaian sengketa di pengadilan. 3) Perjanjian endorsement merupakan akad ijarah ‘amal karena berupa sewa menyewa atas jasa atau pekerjaan seseroang. Dari segi mas{lah{ah, perjanjian endorsement dapat dikategorikan sebagai mas{lah{ah al-h{ijiyah karena merupakan bentuk penyempurnaan dari salah satu mas{lah{ah al-dh{aruriyah yaitu memelihara harta (h{ifz al-mal). Perjanjian strategi endorsement berupaya untuk memenuhi etika-etika promosi yang sesuai dengan Al-Qur’an. Etika yang dimaksud adalah bersikap lemah lembut, tidak memuji produk secara berlebihan, dan transparan dalam mempromosikan dan menjual produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perjanjian, Endorsement, Media Sosial, Hukum Ekonomi Islam |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:59 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 07:59 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2562 |
Actions (login required)
View Item |