Mursyid, Akbar (2019) Strategi Pembelajaran PAI terhadap Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.0211.025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini membahas strategi pembelajaran PAI terhadap pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 4 Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan mengungkap strategis pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran PAI dalam membina akhlak siswa dan mengungkap dampak dari penerapan strategi pembelajaran PAI dalam pembinaan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian survey lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah unsur pimpinan sekolah, tenaga pendidik utamanya guru PAI dan siswa SMA Negeri 4 Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI yang diterapkan oleh guru PAI dalam mendukung pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 4 Parepare melalui pola pengintegrasian antara materi pelajaran PAI dengan melakukan analisa kontekstual dalam pembinaan akhlak. Indikator utama terpenuhinya komponen strategi pembelajaran melalui koordinasi dan kerjasama bagi para tim guru PAI, dan memadukan beberapa macam metode dan strategi pembelajaran PAI secara integral. Strategi pembelajaran yang dominan diterapkan yakni strategi pembelajaran ekspositori, kontekstual, berbasis masalah, kemampuan berfikir dan berimajinasi. Adapun Dampak yang dihasilkan dari penerapan strategi pembelajaran PAI terhadap kualitas pembinaan akhlak siswa adalah mengambil tolok ukur keberhasilan strategi pembelajaran PAI berupa hasil nyata (actual out-come) dan hasil yang diinginkan (desired out-come). Berdasar pada kedua tolok ukur ini, tampak adanya perubahan akhlak secara signifikan yang dinamis sesuai dengan tujuan pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Parepare, meskipun tidak sepenuhnya berlangsung secara sempurna namun sesuai dengan pola-pola strategi pembelajaran yang epektif, efisien, dan menimbulkan daya tarik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, pembinaan akhlak, guru PAI, akhlak siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 07:06 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:12 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2483 |
Actions (login required)
View Item |