Adriani S., Adriani S. (2021) Perbandingan Antara E-Commerce dengan Akad Ba’i Salam (Studi Interpretasi Imam Syafi’i). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
17.2300.001 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
17.2300.001 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
17.2300.001 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
17.2300.001 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
17.2300.001 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
17.2300.001 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
17.2300.001 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Secara umum akad ba’i salam dan e-commerce mempunyai karakteristik yang sama, yaitu memperjualbelikan barang dengan pembayaran dimuka dan komoditi diserahkan kemudian sampai batas waktu tertentu. Namun secara substansial berbeda, Dimana pada akad ba’i salam penjual dan pembeli akan bertemu secara langsung sedangkan pada transaksi e-commerce, proses jual beli dilakukan melalui perantara media sosial. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperjelas kedudukan hukum E-commerce dalam perspektif akad Ba’i salam, terutama dalam bentuk transaksinya, menurut pemikiran Imam Syafi’i. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan datanya dimulai dari membaca referensi kemudian mengklasifikasinya sehingga diperoleh kesimpulan-kesimpulan sebagai jawaban dari pertanyaan rumusan masalah. Adapun teknik analisa datanya menggunakan metode analisis deduktif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Mekanisme e-commerce secara umum sama saja dengan akad ba’i salam, yang berbeda hanyalah dari segi tempat terjadinya akad. Namun sekalipun demikian, perbedaan itu tidaklah menjadi suatu yang vital, karena bersatunya penjual dan pembeli dalam satu tempat bukan sesuatu yang mutlak, tetapi lebih difokuskan kepada situasi dan kondisi. Jika diitinjau dari perspektif akad Ba’i Salam menurut interpretasi Imam Syafi’i dan para ulama lainnya. mekanisme transaksi jual beli melalui e-commere dapat dinyatakan sesuai atau memenuhi syarat/kaidah-kaidah yang telah ditentukan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ba’i Salam, E-Commerce, Imam Syafi’i
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:44
Last Modified: 27 Jul 2021 02:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item