Usmayani, Ilham Putra (2021) Produk Tabungan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Area Parepare (Analisis Ekonomi Islam). Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
18.0224.010 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
18.0224.010 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
18.0224.010 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
18.0224.010 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
18.0224.010 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
18.0224.010 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
18.0224.010 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini adalah tentang pinsip ekonomi Islam terhadap operasional produk Tabungan emas pada pegadaian . Rumusan masalah yang dibahas adalah Bagaimana Proses Pemasaran produk Tabungan emas pada Pegadaian, bagaimana mekanisme dan ketentuan akad produk Tabungan Emas serta bagaimana persepsi ekonomi islam terhadap Tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Area Parepare. Tujuan Penelitian ini yaitu menjelaskan Bagaimana Proses pemasaran produk Tabungan emas pada PT. Pegadaian, kemudian bagaimana proses mekanisme dan ketentuan akad produk tabungan emas serta bagaimana persepsi ekonomi islam terhadap produk tabungan emas pada PT. Pegadaian persero area Parepare. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan Intrumen tekhnik analisis datanya melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun tempat penelitian ini adalah PT. Pegadaian (Persero) Area Parepare. Hasil penelitian tentang Produk Tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Area Parepare menunjukan bahwa Strategi Pemasaran yang dilakukan PT. Pegadaian Persero area Parepare dengan straregi produk, harga, lokasi, dan pemasaran dengan cara sosialisasi serta menyebarkan via online whatsapp. Kemduian Proses pelayanan produk Tabungan Emas yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) adalah nasabah datang ke pegadaian terdekat dengan beberapa persyaratan yang telah ditentukan seperti menyerahkan tanda pengenal, mengisi formulir aplikasi yang diberikan, membayar harga emas batangan yang diorder (tunai), membayar uang muka emas batangan yang diorder (angsuran), dan menandatangani akad transaksi yang disepakati. kepada kedua belah pihak. Dan emas akan diterima nasabah setelah melunasi cicilan atau administrasi lainnya. Berdasarkan pada perspektif ekonomi islam pada produk Tabungan Emas penulis sependapat dengan Ibnu Taymiyah, Ibnu Qayyim dan ulama kontemporer yang sependapat bahwa emas dan perak adalah barang (sil’ah) yang dijual dan dibeli seperti halnya barang biasa, dan bukan lagi tsaman (harga), karena melihat kondisi sekarang bahwa emas tidak lagi sebagai alat tukar yang resmi melainkan barang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tabungan emas, Pemasaran, ekonomi Islam |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 07:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 07:05 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2441 |
Actions (login required)
View Item |