Mirna, Mirna (2020) Pemasaran Produk Aksesoris Gas PT. Phinisi Mega Usaha Kota Parepare (Analisis Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2200.096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran produk yang dilakukan oleh PT. Phinisi Mega Usaha Kota Parepare yang melalui beberapa konsep yang dijadikan sebagai strategi pemasarannya. Alasan memilih penelitian tersebut adalah karena melihat dari kondisi masyarakat yang pada zaman sekarang dimana para ibu rumah tangga dan instansi yang banyak menggunakan alat dapur sudah tidak menggunakan alat masak yang tradisional lagi, akan tetapi sudah menggunakan alat kompor yang lebih modern lagi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik yang digunakan dalam menganalisis data pada umumnya adalah metode induktif dan deduktif adapun tahapan proses analisis data adalah analisis data, memproduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa: 1) PT. Phinisi Mega Usaha Kota Parepare telah melakukan strategi pemasaran bisnis dengan menggunakan konsep yaitu, partnership, bekerjasama, melibatkan karyawan, menjaga pelanggan lama, strategi yang digunakan ini untuk kelancaran pemasaran produk aksesoris gas. 2) pada strategi yang digunakan sangatlah baik karena tidak adanya paksaan pada masyarakat dalam pembelian produk tersebut, sebelum sales marketing menawarkan produknya tentunya ada perkenalan atau introduction. Tinjauan Etika Bisnis Islam yang di terapkan oleh PT. Phinisi Mega Usaha Kota Parepare yaitu kesatuan (Unity), Keseimbangan (Equilibrium), Kehendak Bebas (Free Will), Tanggung Jawab (Responsibility), teori ini yang menjadi landasan etika bisnis Islam dalam Pemasaran Produk Aksesoris Gas yang di diterapkan oleh PT. Phinisi Mega Usaha Kota Parepare teori ini mengutamakan syariat Islam yang menjadi landasan bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Produk, Analisis Etika Bisnis
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Jun 2021 08:01
Last Modified: 25 Jun 2021 08:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item View Item