Sumiati, Sumiati (2019) Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Berwudhu Peserta Didik Kelas II MI DDI Bila Kabupaten Pinrang (Classroom Action Research). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.0211.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu mengkondisikan peserta didik untuk mempunyai motivasi belajar, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran. Diantaranya media yang dimaksud adalah media audio visual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini adalah MI DDI Bila Kabupaten Pinrang. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi media pembelajaran audio visual di rancang dengan 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan dari 2 pertemuan, masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mendapatkan data tentang pemahaman berwudhu diberikan tes evaluasi dan praktek di setiap akhir siklus. Hasil penelitian peningkatan pemahaman berwudhu dengan menggunakan media audio visual yaitu perolehan nilai rata-rata disetiap siklusnya yaitu, pada siklus I sebesar 6,5 %. Refleksi pada siklus I di gunakan pada siklus II dengan persentase sebesar 7,53%, kendala yang dihadapi sehingga siklus II belum berhasil yaitu kurangnya perhatian peserta didik dikarenakan vidio yang ditampilkan kurang menarik, sehingga hasil refleksi siklus ke II dilanjutkan ke siklus ke III. Pada siklus III nilai yang diperoleh sebesar 8,33%, peserta didik tidak lagi melakukan kegiatan lain dan sudah fokus pada pembelajaran media yang di tampilkan. Pada siklus III ini peserta didik sudah bisa memahami syarat wudhu, rukun wudhu, sunnah wudhu dan mempraktekkan tata cara berwudhu dengan benar. Dari hasil Persentase aktivitas dan pemahaman peserta didik di atas diketahui semua item pada siklus III mengalami peningkatan. Jadi dapat di simpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman berwudhu peserta didik kelas II MI DDI Bila Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, pemahaman berwudhu
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:06
Last Modified: 22 Jun 2021 06:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item