Nurlaelah, Nurlaelah (2021) Metode Bimbingan Agama dalam Meningkatkan Ibadah pada Muallaf di Kelurahan Betteng Kecamatan Lembang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.3200.082 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.3200.082 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.3200.082 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.3200.082 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.3200.082 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.3200.082 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.3200.082 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Metode bimbingan agama merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu individu belajar mengembangkan fitrah atau kembali kepada fitrah, dengan memberdayakan iman, akal, dan kemauan yang dikaruniakan Allah SWT yang sifatnya berhubungan dengan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan oleh pembimbing dalam memberikan bimbingan agama kepada muallaf dalam hal meningkatkan ibadah serta bagaimana respon muallaf terhadap metode yang digunakan dalam bimbingan, dengan penggunakan teori Behavioristik dan teori Dakwah. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan teknik keabsahan data. Penelitian ini berlokasi di kampung muallaf kelurahan Betteng kecamatan Lembang, jadwal penelitian bulan Juli s/d Agustus 2020, fokus penelitian menitik beratkan pada metode yang digunakan oleh pembimbing dalam meningkatkan ibadah pada muallaf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) metode bimbingan agama yang digunakan oleh pembimbing dalam memberikan bimbingan kepada muallaf yaitu: penggunaan metode directif (mengarahkan), diskusi, tanya jawab, ceramah, dan ice breaking. Dimana metode ini diperuntungkan bagi muallaf dewasa (orangtua) maupun anak-anak, perbedaan metode yang digunakan untuk muallaf anak-anak dan orang tua hanya terletak pada penggunaan metode ice breaking yang hanya diperuntungkan bagi anak-anak tidak untuk orang tua. Dimana, motode ice breaking yaitu motode dengan cara bermain sambil belajar sehingga anak-anak tidak bosan dalam mengikuti bimbingan. (2) Respon muallaf terhadap metode bimbingan agama sangat baik dimana mereka sangat bersemangat dalam menerima bimbingan agama. Metode yang digunakan memberikan respon yang positif dan stimulus yang di berikan oleh pembimbing kepada muallaf memberikan perkembangan kepada tingkah laku para muallaf baik dilihat dari perubahan tingkah laku yang nampak mau tidak yang berupa pola pikir mereka tentang Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan Agama, Peningkatan Ibadah, Muallaf
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:14
Last Modified: 03 Jun 2021 03:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item