Mawaddah, Fitrah Ainul (2020) Pendidikan Profetik Kepada Peserta Didik dalam Menghadapi Era Milenial (Studi pada Kelas VIII UPT SMP Negeri 1 Mattirosompe). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.088 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.088 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.088 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.088 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.088 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.088 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.088 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan profetik atau kenabian merupakan pendidikan yang menjadikan sifat-sifat nabi sebagai teladan. Pendidikan ini merupakan konsep pendidikan yang merujuk pada pembentukan etika, moral dan akhlak bagi peserta didik dalam menghadapi pekembangan zaman yang semakin modern. Peserta didik harus dibekali ilmu, iman dan akhlak melalui keteladanan dan pembiasaan sehingga menciptakan tradisi edukatif untuk terwujudnya khaira ummah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif (field research) dengan menggunakan pedoman penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di UPT SMP Negeri 1 Mattirosompe yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan Kab. Pinrang dengan alamat Jl. Pancasila No. 3 Langnga. Subjek penelitian antara lain: Kepala Sekolah, Guru, dan Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan profetik teraktualisasikan dengan baik di lingkungan sekolah SMP Negeri 1 Mattirosompe di tengah era milenial saat ini. Peserta Didik telah menerapkan keempat sifat mulia yang dimiliki oleh para nabi yakni jujur, amanah, tabligh dan cerdas. Hal ini tercermin pada aktifitas-aktifitas para pendidik dan peserta didik seperti sholat berjamaah, yasinan setiap jum’at, membudayakan sapa-salam, sopan santun dalam bertutur kata, berkata jujur, saling menghormati, menghargai, bersedekah, berpenampilan rapi, disiplin, menjaga kebersihan dan mencintai ilmu pengetahuan. Selain itu, tentunya kendala juga ditemui dalam penerapan pendidikan profetik kepada peserta didik di era milenial saat ini. Ada dua faktor yang mempengaruhi kendala tersebut yakni faktor internal dan eksternal. Meskipun terdapat beberapa kendala yang ditemui guru. Namun, guru dan pihak sekolah terus berupaya untuk mengatasi kendala tersebut dengan menerapkan keteladanan dan pembiasan pada keempat sifat kenabian dalam menyongsong generasi beriman, intelektual, berakhlak dan beretika yang terus meningkatkan kualitas dirinya ditengah gempuran era milenial saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Profetik, Peserta Didik, Era Milenial, Akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Apr 2021 08:06
Last Modified: 07 Apr 2021 08:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item