Muzdalifah, Muzdalifah (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 11 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
15.1311.002 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
15.1311.002 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
15.1311.002 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
15.1311.002 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
15.1311.002 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
15.1311.002 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1311.002 Daftar Pustaka danLampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Metode team quiz merupakan salah satu cara seorang pendidik membawakan materi dengan membagi peserta didik beberapa kelompok, masing-masing bertanggung jawab terhadap apa yang mereka telah pelajari dan masing-masing memiliki quiz atau pertanyaan, dan diakhir pembelajaran peserta didik akan memperoleh hadiah sebagai apresiasi keikut sertaanya dalam pembelajaran. Metode ini merupakan salah satu metode pembelajaran peserta didik yang membangkitkan semangat dan pola fikir kritis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif khususnya kuantitatif eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental Design dalam bentuk One-Group Pretest-posttest Design. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu pre-test, treatment, post-test, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam mengelola pembelajaran selama empat kali pertemuan, pada pertemuan 1 peneliti menjelaskan gambaran materi dan memberikan pre-test sebelum menggunakan metode team quiz, pada pertemuan 2, 3 dan 4 sudah mulai dilakukan treatment atau penggunaan metode team quiz setelah itu memberikan post-test, diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam meningkat dengan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode team quiz adalah 77,25 berada pada kategori baik. Setelah membandingkan antara besar t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai thitung maka hasil diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Dimana thitung=14,46 sedangkan ttabel=1,729. Berdasarkan perhitungan tersebut thitung lebih besar dari pada ttabel dengan demikian hipotesis diterima dan ini berarti penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode team quiz efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 11 Parepare. Efek atau pengaruh yang sangat besar yaitu dengan nilai eta squared 0,91 karena 0,91 > 0,14 maka dengan demikian penggunaan metode team quiz memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 11 Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Metode Team Quiz, Peningkatan Hasil belajar PendidikanAgama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 06:52 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 06:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2224 |
Actions (login required)
View Item |