Rusmianti, Rusmianti (2020) Penyelesaian Transaksi Bermasalah Pengguna ATM BRI Jampue Kab.Pinrang (Analisis Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.2300.007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui apa saja masalah-masalah yang terjadi pada pengguna ATM BRI Jampue . dan bagaimana Bank untuk Mengatasi semua Permasalahan dalam penggunaan ATM BRI. Jenis penelitian yang digunakan dalam Skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu mengolah dan menganalisis data-data yang terkumpul menjadi data yang sistematik, teratur, terstruktur dan mempunyai makna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Bagi masyarakat yang ingin membuka tabungan di Bank BRI akan diberikan fasilitas berupa kartu ATM yang dapat mempermudah transaksi menggunakan mesin ATM. Transaksi yang bisa dilakukan melalui ATM BRI yaitu tarik tunai, transfer uang, pembayaran taghan, cek saldo dan lain-lain. Kartu ATM yang digunakan nasabah untuk mengakses rekening tabungan melalui mesin ATM memiliki kode keamanan yang disebut dengan PIN ATM. PIN ATM terdiri dri 6 digit angka rahasia yang hanya diketahuin oleh pemiliknya saja, bahkan pihak bank pun tidak mengetahuinya. Dibandingkan fasilitas lain, keunggulan paling utama dari kartu ATM adalah bisa tarik tunai. SMS banking, m-banking, dan internet banking memang bisa melakukan semua transaksi yang ATM bisa, kecuali ambil uang atau tarik tunai ini. Keuntungan dari kartu ATM berikutnya iyalah dapat dipakai pada ATM bank apapun. Keluhan pelanggan merupakan sumber informasi yang sangat berharga untuk evaluasi peningkatan kinerja bank, baik sumber daya manusianya maupun produknya. Pada kenyataannya akan selalu ada kekurangan dari pihak bank dalam melayani nasabah, karena kebutuhan setiap nasabah tentunya berubah dari waktu ke waktu. yang diberikan bank seperti dalam melakukan transaksi nasabah yang mengalami masalah dalam penggunaan kartu ATM BRI Malongi-longi jampue. Apabila terjadi permasalahan atas kerusakan electronic banking, maka nasabah selaku konsumen dapat mengajukan pengaduan kepada Bank Indonesia hal ini berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/10PBI/2008 tentang perubahan atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7PBI/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ATM, PIN ATM, Keluhan Pelanggan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 08:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 08:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2204 |
Actions (login required)
View Item |