Iqbal, Muhammad (2020) Pengaruh Kemapuan Literasi Digital terhadap Kompetensi Profesional Guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
15.0211.032 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
15.0211.032 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
15.0211.032 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
15.0211.032 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
15.0211.032 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
15.0211.032 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
15.0211.032 Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang kemapuan literasi digital, kompetensi professional guru PAI, dan pengaruh kemampuan literasi digital terhadap kompetensi profesional guru PAI serta upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mewujudkan literasi digital di SMK Negeri se-Kota Parepare. Adapun tujuan penelitian tesis ini untuk mengetahui kemampuan literasi digital dan kompetensi profesional guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare, pengaruh kemapuan literasi digital terhadap kompetensi profesional guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mewujudkan literasi digital di SMK Negeri se-Kota Parepare. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian campuran/kombinasi (mixed methodology). Penelitian ini menggunakan strategi metode campuran sekuensial/bertahap (sequential mixed methods) terutama strategi eksplanatoris sekuensial dan pendekatan mengombinasikan atau mengasosiasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh alat pengumpul data yaitu lembar pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, camera digital dan alat perekem suara. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan literasi digital guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare yaitu sebesar 80% dengan kategori tinggi dan kompetensi profesional guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare yaitu 92% dari yang diharapkan dengan kategori sangat tinggi atau sangat berkompeten; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan literasi digital terhadap kompetensi profesional guru PAI di SMK Negeri se-Kota Parepare. Adapun besar pengaruhnya yaitu 99%, sedangkan 0,01% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak penulis teliti.; (3) Upaya pihak sekolah mewujudkan literasi digital di SMK Negeri se-Kota Parepare antara lain merubah paradigma guru tentang pendidikan konvensional menuju menuju pendidikan modern dengan kegiatan diklat dan seminar-seminar pendidikan serta melalui peningkatan kualifikasi akademik; membekali kompetensi literasi digital kepada guru, tenaga kepandidikan dan peserta didik melalui kegiatan pelatihan literasi digital terkait penggunaan media dan teknologi pembelajaran mutakhir; menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan oleh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan untuk menunjang kegiatan literasi digital di lingkungan sekolah; menerapkan kebijakan sekolah tentang penggunaan dan pemanfaatan teknologi digital; meningkatkan pemanfaatan dan penerapan teknologi digital dalam kegiatan-kegiatan di sekolah: serta guru melaksanakan PTK terkait penerapan, penggunaan dan pemanfaatan (strategi, metode, media dan teknologi) pembelajaran mutakhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: literasi digital, kompetensi profesional guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:05
Last Modified: 09 Mar 2021 04:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item