Mustikawati, Mustikawati (2020) Efektivitas Penerapan E-Learning Pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

E-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jaringan internet untuk berinteraksi antara pendidik dan peserta didik yang tidak dibatas oleh ruang dan waktu. Melalui e-learning, maka proses belajar mengajar dapat dilakukan. Mahasiswa dapat menggunakan e-learning jika dosen menerapkannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan e-learning pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah analisis deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa prodi PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan e-learning di Prodi PAI tergolong tidak efektif dalam penerapannya, karena disebabkan oleh beberapa faktor : 1) sarana dan prasarana kurang memadai, 2) dosen dan mahasiswa belum terlalu paham (pengetahuan untuk mengoprasikan e-learning, 3) kebijakan akademik yang hanya memberikan maksimal dua kali pertemuan menggunakan e-learning dalam satu semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-learning
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Mar 2021 08:53
Last Modified: 03 Mar 2021 08:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item View Item