Sulaeman, Sulaeman (2019) Implikasi Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Peserta Didik (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Sidrap). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.1100.022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Konsep tasamuh (toleransi beragama) pada hakikatnya menjamin terpeliharanya sebuah kerukunan dalam suatu masyarakat plural. Sikap toleransi beragama menjadi urgensi saat ini dan menjadi isu yang sering diperbincangkan di forum nasional maupun forum internasional, sehingga sikap inklusif, sikap toleransi dan sikap terbuka untuk menerima perbedaan harus di tanamkan sejak dini dalam diri peserta didik. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneleti sejauh mana perkembangan sikap toleransi antar umat beragama peserta didik dalam pengaplikasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan sikap toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri 3 Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik lintas agama. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu dari peserta didik lintas dan guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder yaitu dari buku-buku, jurnal. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1), Peserta didik di SMAN 3 Sidrap memiliki sikap toleransi beragama yang cukup baik dan tertanam kuat dalam dirinya, sikap ini muncul dan berkembang sesuai dengan keadaan antropologi siswa yang heterogen dan plural sehingga menimbulkan kebiasaan peserta didik untuk bersikap toleran dalam berinteraksi social. (2), Implikasi pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap toleransi peserta didik di SMAN 3 Sidrap diberikan dalam proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan memberikan kebebasan kepada peserta didik non muslim untuk masuk dalam pembelajaran tersebut. Kunci dari implikasi sikap toleransi beragama peserta didik adalah keteladanan, sehingga seluruh aspek pendukung proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Sidrap, terkhusus guru PAI telah memberikan contoh keteladanan dalam hal menghargai mereka yang non muslim.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peserta didik Lintas Agama, Toleransi Beragama dan Pembelajaran PAI |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 01:14 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 01:14 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
View Item |