Salma, Salma (2020) Bimbingan Pribadi-Sosial dalam Meningkatkan Kemampuan Menjali Relasi Pertemanan pada Siswa di MTs. Al-Mustaqim Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
15.3200.074 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
15.3200.074 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
15.3200.074 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
15.3200.074 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
15.3200.074 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
15.3200.074 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.3200.074 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bimbingan pribadi-sosial dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa dan bagaimana kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa di MTs Al-Mustaqim kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa induktif, artinya data yang diperoleh di lapangan secara khusus kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat umum. Hasil penelitian yang didapatkan yakni bimbingan pribadi-sosial dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan menggunakan metode langsung yang di mana dalam metode ini ada teknik bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Kedua teknik bimbingan tersebut berperan penting dalam pemahaman dan penerimaan diri secara objektif yang bisa membantu meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan pada siswa karena bimbingan ini dilakukan secara tatap muka atau face to face sehinggah guru pembimbing bisa selalu mengevaluasi sampai dimana siswa mampu mengatasi permasalahan yang sedang dialami. Dalam meningkatkan kemampuan menjalin relasi pertemanan memiliki 4 tahapan yaitu 1) tahapan paling awal yakni pengenalan, 2) tahapan kedua pertukaran efektif (keterbukaan diri), 3) tahap ketiga teman akrab, dan 4) tahap akhir depenetrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Pribadi-Sosial, Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 01:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 01:45 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2167 |
Actions (login required)
View Item |