Idris, Muhammad (2021) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam dan Pengaruhnya Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 3 Batu Lappa Kabupaten Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.0211.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan tenaga Pendidik yang memiliki peran esensial dalam sistem pendidikan, dimana tugas dan tanggung jawab guru sangat dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kompetensi yang dimiliki oleh guru diharapkan mampu meningkatkan potensi dan kualitas peserta didik. Untuk mencapai hal tersebut tentunya dibutuhkan penegakan kedisiplinan dalam pembelajaran sehingga terbentuk pribadi peserta didik yang lebih terarah dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dan seberapa besar kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 3 Batu Lappa Kabupaten Pinrang. Kemudian mencari tahu apakah kompetensi Profesional guru berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 3 Batu Lappa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian descriptive corellational. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik SMP Negeri 3 Batu Lappa Kabupaten Pinrang dengan menggunakan total sampling yaitu 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi dengan teknis analisis deskriptif dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam memperoleh nilai rata-rata 31,5 dengan tingkat kecenderungan 64% atau berada pada kategori kuat/baik. Sedangkan kedisiplinan peserta didik memperoleh nilai rata-rata 29 dengan kecenderungan 58% atau berada pada kategori sedang/cukup. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis data Kompetensi profesional guru memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik yaitu dengan nilai korelasi sebesar 0,450 dan besarnya kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 20,2%. Hasil analisis menghasilkan thitung (2,566) > ttabel (2,056) dengan nilai signifikansi 0,16 < 0,05. Sehingga, apabila kompetensi profesional guru meningkat maka kedisiplinan peserta didik juga akan meningkat. Implikasi dari penelitian ini berdasarkan dari hasil penelitian bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Oleh karena itu diharapkan guru Pendidikan Agama Islam dapat memperhatikan dan meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Guru, Profesional, Kedisiplinan, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Feb 2021 01:51
Last Modified: 08 Feb 2021 01:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item