Novianti, Dian (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Jual Beli Emas di Pasar Sentral Rappang (Analisis Etika Bisnis Islam). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.0224.005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis terhadap keputusan jual beli emas perhiasan. Serta untuk mengetahui diantara faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis yang berpengaruh dominan terhadap keputusan masyarakat untuk jual beli emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahi berapa besar pengaruh variabel bebas yang digunakan dalam mempengaruhi variabel terikat.Penelitian ini bersifat Asosiatif yang merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda, asumsi klasik, dan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan : Berdasarkan pada perhitungan regresi maka dapat ditarik kesimpulan faktor budaya (X1) -1,370 tidak berpengaruh terhadap keputusan jual beli emas (Y), faktor sosial (X2) -1,314 tidak berpengaruh terhadap keputusan jual beli emas (Y), pribadi (X3) 3,793 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung (Y),faktor psikologis (X4) 1,032 tidak berpengaruh terhadap keputusan jual beli emas (Y). Berdasarkan hasil analisis penelitian ini ditemukan beberapa perilaku konsumen yang sesuai dan tidak sesuai menurut pandangan Islam yang kemudian berkaitan dengan etika bisnis Islam adalah: (Tauhid, keseimbangan/keadilan, kebebasan individu, akhlak).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen, Keputusan,Etika Bisnis Islam
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:17
Last Modified: 05 Feb 2021 07:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item