Pangestu, Dian Resky (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Berdonasi Pada Alfamart Parepare (Analisis Ekonomi Syariah). Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
18.0224.006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Minimarket Alfamart merupakan salah satu pilihan tempat berbelanja. Selain itu Alfamart juga mencoba menjadi jembatan konsumen untuk melakukan kegiatan sosial dengan berdonasi. Dengan cara, dimana pada akhir transaksi pembayaran kasir akan menawarkan konsumen untuk melakukan donasi dengan uang kembalian dan hal ini disebut sebagai Donasi Konsumen Alfamart. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sikap terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart (2) Pengaruh norma subjektif terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart (3) Pengaruh kontrol perilaku persepsian terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart (4) Variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Muslimah Parepare. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui aplikasi Googleform yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart, dibuktikan dari nilai signifikansi 0.036 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0.235. (2) Norma subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart, dibuktikan dari nilai signifikansi 0.813 > 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0.025. (3) Kontrol Perilaku Persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart, dibuktikan dari nilai signifikansi 0.000 <0,05 dan koefisien regresi sebesar 0.613. (4) Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen berdonasi pada Alfamart yang didapatkan pada uji secara bersama-sama ialah kontrol perilaku persepsian dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.613 atau 61.3%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Persepsian dan Keputusan Konsumen Berdonasi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 03:07 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 03:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2125 |
Actions (login required)
View Item |