Sunarta, Desy Arum (2019) Analisis SWOT Terhadap Produk Arrum Haji PT. Pegadaian (Persero) Area Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0224.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang proses pelayanan pada produk Arrum haji , analisis SWOT terhadap produk Arrum haji dan perspektif ekonomi islam terhadap analisis SWOT yang digunakan pada produk Arrum haji. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelayanan yang dilakukan pada produk arrum haji, penggunaan analisis SWOT serta perspektif ekonomi Islam pada produk Arrum haji PT. Pegadaian (Persero) Area Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah Deputy Bisnis, Asmen Penjualan dan Staff PT. Pegadaian (Persero) Area Parepare. Sedangkan data sekunder adalah buku-buku ilmiah, jurnal, dan tesis. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat pengumpulan data yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, alat dokumentasi dan field note. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengujian keabsahan data yaitu menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pelayanan produk arrum haji yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) terhadap nasabah adalah simple, mudah dan murah (2) Salah satu hasil dari analisis SWOT yang di lakukan oleh Pihak Direksi Pegadaian ketika melihat perkembangan produk arrum haji secara umum. Dikeluarkannya Peraturan Direksi Nomor 21 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Direksi Nomor 132/DIR I/2017 tentang Standard Operating Procedure (SOP) Pegadaian Arrum Haji sebagai bentuk pemaksimalan produk arrum haji dalam menghadapi perkembangan dunia bisnis (3) Berdasarkan pada perspektif ekonomi islam pada produk arrum haji melalui analisis SWOT dalam pengembangan produk bahwa pada proses pelayanan dilakukan berdasarkan SOP yang telah dikeluarkan dan berlandaskan pada fatwa DSN-MUI dalam penyelenggaraannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Arrum Haji, Ekonomi Islam
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Oct 2020 00:13
Last Modified: 22 Oct 2020 00:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item