Hasan, Muthmainnah Arif (2019) Pengaruh Remedial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 5 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Remedial adalah kegiatan yang ditujukan kepada peserta didik yang memiliki kesulitan dalam mengusai materi pelajaran. Sehingga remedial memberikan pengaruh yang sangat penting karena membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembalajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku. Sedangkan prestasi belajar adalah Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai test atau angka nilai yang diberikan oleh pendidik dan dikembangkan pada proses belajar peserta didik yang dimaksud ini suatu proses pembelajaran pada peserta didik kelas VIII Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh remedial terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain kuantitatif korelasional . Adapun teknik pengumpulan data yaitu Observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) remedial pada peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan angka persentasi yaitu 70.6% (2) prestasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan angka persentasi yaitu 72.3% yang dibentukan melalui analisis data dengan hasil angket dengan nilai yang signifikan thitung = 2.676 > ttabel = 1.734 Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh remedial (X) terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam pada peserta didik (Y) sebesar 30.9%, sedangkan 60.1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Remedial, Prestasi Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Oct 2020 00:39
Last Modified: 14 Oct 2020 00:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1830

Actions (login required)

View Item View Item