Yullang, Yullang (2020) Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam meningkatkan mutu pelayanan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
16.3300.060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam meningkatkan mutu pelayanan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dapat meningkatkan mutu pelayanan nikah pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan Penelitian lapangan yang bersifat deskriptif yaitu peneliti berusaha mengungkapkan dan menginterpretasikan fenomena yang tengah berkembang, dengan cara terjun langsung ke lapangan, dalam hal ini Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada problematika program Sistem Inforamasi Manajemen Nikah (SIMKAH) pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembang kabupaten Pinrang yang harus diselesaikan, salah satunya yaitu kurangnya sarana dan prasarana SIMKAH dan kurangnya kemampuan Staf dalam memahami Program Sitem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). Pelaksanaan yang dilakukan pada program SIMKAH khususnya di KUA Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang sudah bisa dikatakan efektif, meskipun masih ada yang perlu dimaksimalkan terutama sarana dan prasarana yang akan menunjang dalam proses pelayanan. Manfaat sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) dalam pelayanan masyarakat adalah untuk mempercepat dan mempermudah pencarian data nikah serta penyesuaian terhadap teknologi yang semakin modern.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KUA, SIMKAH, Kualitas Pelayanan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 00:43 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 00:43 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1797 |
Actions (login required)
View Item |