Mursalim, Mursalim (2020) Implementasi bimbingan dan konseling dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik MAN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan saat ini bisa dikatakan mendapat sorotan tajam, hal ini terkait dengan kondisi dunia pendidikan yang dinilai sedang mengalami krisis moral dikalangan peserta didik, kasus yang bisa dilihat dimasa dewasa ini misalnya mengejek, bolos, tawuran antar peserta didik, ataupun sikapnya kepada guru maupun pihak sekolah. Dunia pendidikan kita terlalu memberikan porsi yang besar terhadap pengetahuan, tetapi kurang memperhatikan sikap dan prilaku peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk menangani persoalan dekadensi moral tersebut adalah dengan diadakannya program bimbingan dan konseling. Hal demikianlah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti implementasi bimbingan dan konseling dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik MAN 1 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan dan konseling dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik dalam hal ini kenakalan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk bimbingan dan konseling di MAN 1 Parepare, ada dua berupa, konseling individual dan konseling kelompok. (2) Bentuk dekadensi moral peserta didik di MAN 1 Parepare, di antaranya, datang terlambat, pakaian tidak rapi, melawan guru, dan merokok. (3) Implementasi bimbingan dan konseling dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik MAN 1 Parepare sudah bagus dengan mengunakan 4 tahap penyelasaian bagi peserta didik yang melanggar. Pertama, memanggil peserta didik yang melanggar ke ruangan BK, kedua, memberikan hukuman kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran, ketiga, memanggil orang tua peserta didik yang melanggar, keempat, peserta didik yang masih melanggar akan dikembalikan ke orang tuanya atau peserta didik dipindahkan ke sekolah yang siap membimbingnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling dan dekadensi moral
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Oct 2020 00:28
Last Modified: 02 Oct 2020 00:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item