Fatmasari, Rina (2019) Pengaruh Pelaksanaan Dakwah Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik di MAN 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dakwah yang dilaksanakan di MAN 2 Parepare, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dakwah terhadap tingkat kepercayaan diri peserta didik terutama perubahan kepercayaan diri mereka kepada sikap yang positif atau berakhlakul karimah sebagaimana yang mereka sampaikan saat berdakwah. Hal tersebut dilandasi oleh banyaknya kejadian yang terjadi di lingkungan sekolah dan banyak diberitakan dimedia sosial mengenai sikap peserta didik yang sudah berani berprilaku tidak baik terhadap guru atau pendidik di sekolah. Sehingga dakwah memiliki peran penting dalam penanaman akhlak peserta didik, karena dakwah pada dasarnya merupakan sebuah ikhtiar yang dilakukan untuk menyeru manusia kepada hidayah Allah (al-hadi), dan upaya untuk menyadarkan manusia supaya tetap menjadi makhluk yang baik (ahsani Taqwim), bersedia mengimani dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam. Sehingga, aktivitas pelaksanaan dakwah sangat penting karena menjadi ujung tombak bagi pengembangan agama Islam. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun sampel penelitian yaitu sebanyak 30 orang peserta didik dari semua peserta didik yang telah ditunjuk berdakwah yang dijadikan populasi, dan teknik pengambilan sampel dari Winarno Surachmad dalam bukunya “Dasar dan Teknik Research Pengantar Metodologi Ilmiah”, memberikan pedoman sebagai berikut: “Apabila populasi cukup homogen (serba sama), terhadap populasi dibawah 100 dapat dipergunakan sampel sebesar 50%, diatas 1.000 sebesar 15%”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan dakwah dikategorikan sedang 73% dan tingkat kepercayaan diri peserta didik dikategorikan sedang 63%, hal tersebut karena pelaksanaan dakwah di MAN 2 Parepare yang dilaksanakan sebelum shalat dhuha belum sesuai target yaitu yang seharusnya tampil berdakwah tiga orang setiap harinya namun yang terjadi hanya satu atau dua orang setiap harinya serta peserta didik yang tampil masih merasa kurang percaya diri, yang dapat dilihat dari cara penyampaian dan penguasaan materinya. Dan berdasarkan hasil analisis data dari hasil angket yang dipilih responden pada uji regresi linear sederhana, menunjukkan bahwa nilai Y = 9,094+ 0,583.X yaitu variabel pelaksanaan dakwah berpengaruh positif terhadap tingkat kepercayaan diri peserta didikdan pada uji hipotesis pada uji korelasi menunjukkan bahwa nilai R2= 0,252 atau0,252 x 100% = 25,2%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik (Y) dipengaruhi sebesar 25,2% oleh pelaksanaan dakwah (X) sedangkan sisanya 100% - 25,2% = 74,8% dipengaruhi sebab-sebab yang lain dan pada pengujian thitung sebesar 3,070 ˃ ttabel sebesar 2,048 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan dakwah berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri peserta didik di MAN 2 Parepare dengan kontribusi sebesar 25,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Dakwah, Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Sep 2020 00:13
Last Modified: 30 Sep 2020 00:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item