Masni, Masni (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Perilaku Keagamaan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kalukku Kabupaten Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
15.1100.061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
MASNI, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Perilaku Keagamaan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kalukku Kabupaten Mamuju (dibimbing oleh Amiruddin dan Rustan Efendy). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina perilaku keagamaan peserta didik dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membina perilaku keagamaan peserta didik di SMA Negeri 1 Kalukku Kabupaten Mamuju. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder yaitu dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di SMA Negeri 1 Kalukku Kabupaten Mamuju yaitu (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina perilaku keagamaan peserta didik di SMA Negeri 1 Kalukku Kabupaten Mamuju yaitu a) melalui pembiasaan perilaku keagamaan diantaranya pembiasaan shalat dzhuhur berjamaah, pembiasaan membaca Al-qur’an, pembiasaan membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, pembiasaan mengucapkan salam dan sopan santun kepada orang lain. b) memberikan pengertian perilaku keagamaan dalam pembelajaran dengan cara menyisipkan nasehat-nasehat dan motivasi agar peserta didik mempunyai kesadaran dalam diri untuk melaksanakan ibadah kepada Allah swt serta berakhlak mulia. c) memberikan contoh atau teladan dengan cara tidak hanya sekedar menyuruh atau menasehati tetapi juga melaksanakan perilaku keagamaan tersebut agar peserta didik menerapkan dan membiasakan perilaku keagamaan. (2) kendala-kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina perilaku keagamaan peserta didik yaitu a) kurangnya kesadaran diri peserta didik dalam mengamalkan perilaku keagamaan. hal tersebut diantaranya kurang kesadarannya dalam hal pelaksanaan shalat dzhuhur di sekolah, membaca Al-qur’an dan juga sopan santun kepada sesama teman maupun guru. b) sarana yang kurang memadai seperti fasilitas mushollah yang agak sempit dan kurangnya mushaf Al-qur’an yang disediakan oleh pihak sekolah. c) pengaruh lingkungan yaitu lingkungan keluarga dan pergaulan yang kurang positif yang menghambat proses pembinaan perilaku keagamaan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan, Peserta Didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 173 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 22:43 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 16:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1765 |
Actions (login required)
View Item |