Irma S, Irma S (2020) Konsep Diri Anak Putus Sekolah dalam tinjauan teori atribusi (studi kasus di Dusun Dolangan Desa Makkawaru Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.3200.031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Konsep diri merupakan hal yang melekat pada diri seseorang, kemampuan untuk mepresepsikan diri melalui pengalaman-pengalaman pribadi yang kemudian menghasilkan perilaku yang dapat mempengaruhi tindakan yang nantinya dihasilkan baik ataupun buruk suatu perilaku. Peran penting seorang anak ialah menempuh pendidikan yang mampu menunjang masa depan mereka. Akan tetapi peran tersebut justru banyak tidak direalisasikan oleh sebagian anak. Mereka cenderung melupakan kewajiban menempuh pendidikan akibat banyaknya faktor penyebab anak putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri pada anak putus sekolah berdasarkan tinjauan teori atribusi serta bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor yang melatarbelakangi penyebab anak sehingga putus sekolah. Dari kedua hal pokok pembahasan diatas diharapkan juga penelitian ini dapat menjadi rujukan mengenai konsep diri anak putus sekolah yang berkitan dengan tinjauan teori atribusi serta faktor-faktor penyebab anak harus putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian menggunakan teknik pengumpulkan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan untuk. Hasil penelitian yang didapat yaitu:anak putus sekolah cenderung memiliki konsep diri negatif dibandingkan konsep diri positif akan tetapi anak putus sekolah mampu memahami diri mereka serta mampu mepresepsikan penyebab dari perilaku-perilaku yang ada pada diri mereka, dilihat dari cara mereka memahami penyebab putus sekolah hingga mampu membawa diri mereka kelingkungan yang lebih luas. Sebagian besar anak putus sekolah mampu mengidentifikasi makna dari penyebab putusnya pendidikan mereka. Anggapan bahwa sekolah hal yang sangat menyulitkan untuk dilalui dirasakan sebagian besar dari mereka akan tetapi kesadaran akan pentingnya sekolah hanya dirasakan sebagian kecil dari anak putus sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Teori Atribusi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 00:21 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 00:21 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1685 |
Actions (login required)
View Item |