Musra, Fauziyyah (2020) Strategi Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.1100.156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran make a match atau mencari pasangan merupakan strategi pembelajaran yang di mana peserta didik memegang kartu soal atau jawaban dan peserta didik dituntut untuk bekerjasama dengan peserta didik lain dalam menemukan kartu jawaban maupun kartu soal yang dipegang pasangannya dengan batas waktu tertentu yang kemudian membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan membuat peserta didik berpikir serta membutuhkan semangat kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan strategi pembelajaran make a match di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Pinrang Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PAI, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran make a match. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, wawancara, dokumen, dan tes. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yang dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi, selain itu teknik analisis yang juga digunakan adalah teknik analisisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik terus mengalami peningkatan hingga mencapai peningkatan yang signifikan. Hasil belajar peserta didik pada tahap pra tindakan sebesar 72%, pada siklus I (pertama) meningkat menjadi 75%, pada silus II (kedua) juga meningkat menjadi 97%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan strategi pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Pinrang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar, PAI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Sep 2020 00:34
Last Modified: 10 Sep 2020 00:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item