Yusran, Muhammad (2020) Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulian Belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMP Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
15.1100.068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar PAI dan peran layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar PAI di SMP Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik dan instrument pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi dan adapun Teknik analisis data yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kesulitan belajar PAI di SMP Negeri 1 Parepare, yaitu: 1) Tidak fokus pada pembelajaran atau tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan, 2) Sulit mendengarkan dan mencatat dengan baik sewaktu mengikuti pelajaran, 3) Sulit membaca ayat suci Al-Qur’an, 4) sulit menulis Al-Qur’an, 5) Sulit menghafalkan Al-Qur’an dan 6) Peserta didik sulit mengatur waktu belajarnya. (2) Peran layanan bimbingan dan konseling yaitu guru bimbingan dan konseling di sekolah memberikan layanan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh peserta didik, adapun layanan yang diterapkan dalam mengatasi kesulitan belajar PAI yaitu: 1) Layanan informasi, 2) Layanan konseling individu dan 3) Layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Layanan BK dan kesulitan belajar PAI |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 00:48 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 00:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1631 |
Actions (login required)
View Item |