Marwah, Marwah (2019) Representasi Perempuan Muslimah dalam Iklan Shampo Rejoice Hijab 3 In 1 di YouTube. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.3100.041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini iklan merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan oleh masyarakat. Pembuat iklan kadang menampilkan wanita dengan memperlihatkan aurat mereka. Sebuah iklan secara sengaja ditampilkan untuk menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Namun, di era modernisasi muncul beberapa produk iklan yang menampilkan wanita berhijab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perempuan muslimah di representasikan dalam iklan Rejoice Hijab 3 In 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Dimana data primer yaitu video iklan Rejoice Hijab 3 In 1 di YouTube. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis semiotika dengan dasar pemikiran Roland Barthes, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang iklan shampo Rejoice Hijab 3 In 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Shampo Rejoice Hijab 3 In 1 tidak merepresentasikan seorang perempuan muslimah. Ditinjau melalui: 1) busana para figur iklan yang menggunakan pakaian berhijab tetapi tidak menutupi sampai dada dan berpakain ketat, 2) gesture para figur iklan tidak mencerminkan sosok perempuan muslimah karena bergoyang dan menggerakkan pinggang mereka, 3) lirik lagu memuat kebanggaan seorang perempuan dengan hijabnya tetapi mengungkapkan secara berlebihan dan menganggap shampo Rejoice Hijab 3 In 1 yang paling sempurna. Makna perempuan berhijab yang terkandung dalam iklan antara lain berhijab berarti menutup segala perbuatan buruk, mempertahankan nilai-nilai kesopanan, dan memeproleh banyak manfaat dari hijabnya baik dari segi kesehatan dan juga manfaat dalam memperdalam ajaran agama islam. Adapun mitos dari keseluruhan iklan ini menjelaskan bahwa perempuan muslimah mampu bersaing dalam dunia periklanan tanpa harus mengumbar rambut mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Perempuan Muslimah, Iklan, Shampo, YouTube |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 00:30 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 00:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1586 |
Actions (login required)
View Item |