Kurniawan, Kurniawan (2019) Perilaku Pengguna Internet Terhadap Komitmen Salat Lima Waktu Pada Warkop Rumah Kopi Sweetness Kecamatan Soreang Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
14.3100.021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perilaku pengguna internet terhadap komitmen salat lima waktu pada Warkop Rumah Kopi Sweetness Kota Parepare adalah kebiasaan beberapa pengunjung Rumah Kopi Sweetness baik tua maupun muda yang asyik menggunakan internet untuk kepuasan diri sendiri yang mengakibatkan mereka lalai mengaja salat lima waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pengguna internet pada Rumah Kopi Sweetness dan mengetahui komitmen salat lima waktu pengunjung Warkop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dalam penggumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis induktif, artinya data yang diperoleh di lapangan secara khusus kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat umum. Hasil penelitian yang didapatkan yakni, perilaku pengguna internet yang mengakibatkan kelalaian dalam menjaga salat lima waktu, pada pengunjung Warkop Rumah Kopi Sweetness. Dibagi menjadi dua golongan yakni: Fun Activities, yaitu aktivitas yang sifatnya untuk kesenangan atau hiburan seperti, online untuk bersenang-senang, nonton video/film, dengarkan musik, mengunduh, game, dan chatting. Kedua: Information Utility, yaitu aktivitas internet untuk mencari informasi, seperti, informasi produk, informasi tentang film, musik, buku, berita, sekolah, kesehatan, pemerintah, keuangan, pekerjaan, dan informasi tentang politik. Komitmen salat lima waktu pengujung Warkop Rumah Kopi Sweetness, disimpulkan bahwa skalanya masih rendah. Pengujung sangat dipengaruhi aktivitas-aktivitas di luar aktivitas menyeruput kopi, menikmati hidangan makanan dan minuman. Faktor yang mendominasi adalah penggunaan akses internet. Terpaan teknologi internet, sangat memicu kemalasan dan mengalihkan perhatian pengunjung sehingga lalai mendirikan salat lima waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Pengguna Internet, Komitmen Pengunjung Warkop, Salat Lima Waktu |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 00:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 00:23 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1555 |
Actions (login required)
View Item |