Andini, Iin (2020) Persepsi Nasabah Tentang Murabahah Pada BNI Syariah : Relasi Terhadap Pedagang Kecil Di Kab. Pangkep. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.2300.049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah utamanya yaitu menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kab. Pangkep tentang akad murabahah masih banyak yang kurang memahami bahkan ada juga masyarakat yang tidak mengetahui apa itu akad murabahah. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk melakukan kajian secara mendalam pada salah satu pembiayaan yang ditawarkan oleh Bank BNI Syariah khususnya yang ada di kota Pangkep yaitu murabahah atau yang biasa dikenal prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan. Penelitian ini menunjukkan bagaimana layanan BNI Syariah terhadap nasabah. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi tolak ukur bagi BNI Syariah KCP Pangkep Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field reseach) dan dalam mengumpulkan data primer digunakan metode wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pangkep dengan mewawancarai 4 informan secara mendalam.Pada kerangka pikir tersebut peneliti menggambarkan bahwa persepsi masyarakat terbagi atas 3 bagian yaitu, stimulus-stimulus: komunikasi bentuk usaha (lingkungan sosial budaya), tanggapan-tanggapan, dan interpretasi. Dimana peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi dari masyarakat terhadap murabahah di BNI Syariah Kab. Pangkep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pelaksanaan sistem murabahah pada BNI Syariah KCP Pangkep diwujudkan melalui pembiayaan Mikro IB Hasanah. Dalam pelaksanaan Mikro IB Hasanah : permohonan pembiayaan, pengumulan data, analisis pembiayaan, survey objek pembiayaan, persetujuan pembiayaan, pengikatan, pencairan pembiayaan, monitoring. Adaun persepsi nasabah terhadap sistem murabahah pada BNI Syariah KCP Pangkep yaitu:pertama, masih minimnya pengetahuan nasabah tentang akad murabahah. Kedua masih kurang mendalami prinsip Islam di dalam akad BNI Syariah. Ketiga, motivasi mengambil pembiayaan hanya untuk tambahan modal usaha. Keempat, pihak bank memudahkan nasabah di dalam pengurusan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Murabahah, Pedagang Kecil
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Aug 2020 00:13
Last Modified: 10 Aug 2020 00:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item