Daharaman, Siti Maryam (2019) Eksistensi Sistem pendidikan Pesantren Tradisional dalam Era Modernisasi (Studi Pada Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
15.1100.019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Eksistensi pendidikan pesantren tradisional dalam era modernisasi merupakan kemampuan pesantren dalam mempertahankan jati diri dengan predikat pesantren tradisional dalam era modern saat ini. Tuntutan dan kebutuhan masyarakat juga berdampak terhadap eksistensi pesantren saat ini sehingga persepsi masyarakat yang masih kuat di seputar dunia kerja menjadikan keberadaan suatu pesantren terancam. Namun selama pesantren masih mampu memenuhi kebutuhan masyraakat tentunya akan tetap eksis ditengah era modern saat ini. Tidak hanya dalam dunia kerja pesantren juga berfungsi sebagai salah satu pusat pendidikan keagamaan mempunyai kontribusi yang sangat urgen dalam pembentukan dan pengembangan sistem pendidikan, emosional, moral, akhlak, etika dan skill santri dan santriwati yang saat ini sedang berada pada proses perkembangan zaman. Hal inilah sehingga penulis tertarik untuk megkaji lebih dalam mengenai eksistensi sistem pendidikan pesantren tradisional dalam era modernisasi pada pondok pesantren DDI Al-Ihsan Kanang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi sistem pendidikan pesantren tradisional dalam era modernisasi studi pada pondok pesantren DDI Al-Ihsan kanang. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian yang terjadi dilokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi sistem pendidikan pesantren tardisonal dalam era modernisasi pada pondok pesantren DDI Al-Ihsan Kanang yaitu (1). Sistem pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren DDI Al-Ihsan kanang melalui dua jalur pendidikan yaitu jalur pendidikan pondok yang terbagi dalam beberapa metode yaitu sorogan, wetonan dan syawir. Pada jalur formal sistem pendidikan yang diterapkan secara klasikal sebagaimana pendidikan yang diterapkan di madrasah atau sekolah umum lainnya. (2). Keberadaan pondok pesantren DDI Al-Ihsan Kanang sampai saat ini masih tetap eksis dalam mempertahankan sistem pendidikannya yang terkenal dengan pendidikan tradisional namun mampu untuk menetralkan dan melakukan inovasi terhadap sistem pendidikannya sehingga mampu sejalan dengan era modern seperti sekarang ini, hal tersebut terbukti dengan berjalannya sekolah formal yang tidak lepas dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu berdaya saing dengan sekolah umum lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksistensi sistem pendidikan Pesantren tradisional, Era Modernisasi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 08:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 08:54 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1462 |
Actions (login required)
View Item |