Hannas, Hannas (2019) Implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didik oleh guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam Di SMKN 2 Pinarang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
15.1100.052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, Implementasi Metode Pembiasaan dalam Menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didik oleh guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Pinrang. Fokus masalah penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan metode pembiasaan dalam menanamkannilai-nilai karakter disiplin peserta didik oleh gurumata pelajaran PAI di SMKN 2 Pinrang?(2) Bagaimana faktor penghambat dalam pelaksanaan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didikoleh guru pelajaran PAI di SMKN 2 Pinrang? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didik oleh guru mata pelajaran PAI di SMKN 2 Pinrang? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMKN 2 Pinrang yang terletak di kecamatan watang Sawitto, Kelurahan Penrang, Jalan Kesehatan, kabupaten Pinrang.Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembiasaan dalam Menanamkan nilai-nilai Karakter disiplin peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Pinrangyaitu : (1) bentuk implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didik yang diterapkan di SMKN 2 Pinrang yakni berupa pembiasaan berada dalam kelas 5 menit sebelum pelajaran di mulai, pembiasaan solat zuhur secara berjama,ah, pembiasaan membuang sampah di tempatnya dan pembiasaan membaca Yasin setiap hari jumat.. (2) Faktor yang menghambat dalam proses pembiasaan di SMKN 2 Pinrang anatara lain;perilaku peserta didik yang berbeda-bedah, kurangnya kemampuan dalam memahami Al Qur’an, serta dampak negatif dari teknologi. (3) Solusi yang diupayakan untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain; harus ada kerja sama antara 3 faktor yaitu orang tua, lingkungan sekolah, dan guru-guru serta peserta didik itu sendiri, pelatihan membaca Al Qur’an, dan memasukkan hasil pembiasaan sebagai bagian dalam penentuan nilai akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 08:34 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 08:34 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1455 |
Actions (login required)
View Item |