Hardyanti, Hardyanti (2019) Model Komunikasi Interpersonal Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Etnografi Terhadap Siswa SLB Pamboang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.3100.005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model komunikasi interpersonal merupakan suatu proses pertukaran makna antara orang-orang yang saling berkomunikasi. Dalam penilitian ini berfokus pada bagaimana komunikasi interpersonal anak berkebutuhan khusus (tuna rungu). Penelitian ini di laksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Pamboang. Jenis penelitian menggunakan kuliatatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, mencakup observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa model komunikasi interpersonal anak tunarungu di SLB Pamboang terdiri dari dua model yaitu: 1) Model komunikasi diadik. komunikasi diadik ini tidak dilakukan pada saat proses belajar mengajar, komunikasi ini dilakukan diluar jam pelajaran. 2) Model komunikasi total. Komunikasi total digunakan pada saat proses belajar mengajar dan diluar jam pelajaran. Dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik dan teori etnografi. Hal tersebut memnunjukkan bahwa proses model komunikasi interpersonal dilakukan dengan face to face dan jarak yang dekat sehingga memudahkan untuk berkomunikasi dengan anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Komunikasi Interpersonal, Anak Bekebutuhan Khusus, Metode Etnografi, Diadik dan Total
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Jul 2020 07:27
Last Modified: 14 Jul 2020 07:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item