Indriyani, Nurul (2020) Strategi Bisnis Wisata Rawa Bangun dan Salu Pajaan di Kanang Kabupaten Polewali Mandar; Perspektif Manajemen Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2200.130.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Strategi bisnis wisata dalam perspektif menejemen syariah adalah suatu cara untuk melakukan transaksi dalam pengambilan keuntungan yang tidak lepas dari nilai-nilai agama yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadis. Tuntutan dan kebutuhan masyarakat dalam hal berwisata berdampak pada pelaksaaan pengelolaan bisnis saat ini. Tidak hanya dalam dunia perekonomian bisnis wisata juga berfungsi sebagai salah satu pusat atau tempat liburan yang mempunyai kontribusi dalam memanjakan mata para pengunjung yang berada di lokasi tertentu, sehingga dalam perencanaan dari pengelolaan dari setiap bisnis wisata seharusnya mempunyai planning yang tajam dalam melakukan inovasi pada setiap wahana atau fasilitas yang ditawarkan sehingga mampu sesuai dengan kebutuhan pengunnjung. Hal demikianlah sehingga penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai strategi bisnis wisata rawa bangun dan salu pajaan di Kanang Kabupaten Polewali Mandar Perspektif Manajemen Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis wisata rawa bangun dan salu pajaan di Kanang Kabupaten Polewali Mandar Perspektif Manajemen Syariah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaanya dari khususu ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa. Kejadianyang terjadi dilokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis wisata Rawa Bangun dan Salu Pajaan di Kanang Kabupaten Polewali Mandar dalam perencanaan, penerapan dan hasil yang dicapai telah menerapkan prinsip dan tujuan manajemen syariah. Adapun dalam perencanaan kedua wisata ini diawali dengan niat yang tulus kepada Allah dan bukan semata hanya untuk mendapatkan keuntungan saja, tetapi juga bertujuan memberikan tempat atau lokasi untuk membuat pengunjung merasa senang dengan prinsip dan tujuan manajemen syariah. Kemudian dalam penerapannya kedua wisata ini juga menerapkan bisnis wisata sesuai dengan manajemen syariah dengan penyediaan fasilitas dan wahana yang ada pada wisata tidak melanggar norma-norma agama dalam artian tidak menyediakan sesuatu yang merujuk pada hal yang haram. Adapun hasil yang dicapai dari kedua wisata ini tidak terdapat hal yang terlepas dari prinsip dan tujuan manajemen syariah mulai dari niat dan tujuan untuk membangun wisata tidak semerta-merta untuk mendapatkan keuntungan yang besar tetapi juga untuk kesenangan orang banyak dan mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Manajemen Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:49
Last Modified: 02 Jul 2020 05:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item