Hanafie Das, Wardah and Halik, Abdul (2020) Pendidikan Islam di Pondok Pesantren:Problematika dan Solusinya. Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo, Jawa Timur. ISBN 978-623-227-286-6

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
Buku pendidikan pondok pesantren-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku ini membahas tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam di pondok pesantren, selalu dinilai relevan dan urgen untuk dikaji dan dibahas. Pondok pesantren sebagai institusi pendidikan Islam yang bersifat indigenous dengan identitas dan karakteristiknya diperhadapkan dengan dinamika zaman khususnya akselerasi teknologi informasi dan komunikasi. Era kontemporer disebut revolusi industri 4.0, berimplikasi kepada sistem sosial di masyarakat dan sistem pendidikan di pondok pesantren. Pondok pesantren dituntut, di satu sisi mempertahankan identitasnya sebagai lembaga pendidikan Islam, dan pada sisi lain dituntut relevan dan linier dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga luarannya fungsional dan kompetitif di tengah masyarakat. Berbagai problem yang dihadapi pondok pesantren, baik dari internal maupun eksternal, dibutuhkan solusi cerdas dan efektif agar dapat melaksanakan pendidikan Islam yang berkualitas. Berbagai aspek pendidikan agama Islam di pondok pesantren telah dibahas di buku ini, semoga dapat mengisi elemen sederhana dalam memperkaya khazanah keilmuan pendidikan Islam.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 10 Jun 2020 13:20
Last Modified: 10 Jun 2020 13:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item