Syamsul, Irsyam Bin (2019) Pengaruh Media Power Point Berbentuk Animasi terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Bedasarkan hasil pra survey penulis menemukan bahwa proses belajar mengajar yang berlangsung di SMA Negeri 7 Pinrang terkhusus pada kelas sepuluh, selama ini sudah menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi power point yang terintegrasi dalam microsoft office. dengan diberlakukannya kurikulum 2013 dengan waktu yang cukup lama sehingga dalam setiap penyampaian materi terkadang penggunaan media power point diselingi dengan beberapa metode pembelajaran, seperti metode kuis. Sehingga penyampaian materi akan lebih disenangi oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media power point berbentuk animasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah assosiatif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 74 responden dari 283 populasi kelas X. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, angket serta dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat media power point berbentuk animasi dalam kategori tinggi yaitu 79,7%. (2) tingkat motivasi belajar peserta didik dalam kategori cukup yaitu 72,8%. (3) Terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan media power point berbentuk animasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil analisis person correlationnya sebesar 0,648 atau 64,8%, dan berada pada tingkat hubungan yang kuat yakni pada tingkat hubungan 0,60 – 0,799. (4) Ada pengaruh yang nyata atau signifikan antara media power point berbentuk animasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Karena persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = a+bX = 20,505+0,4797X. Sehingga dapat diketahui t hitung = 2,785 dengan nilai signifikansi 0,009<0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Power Point, Motivasi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 May 2020 08:28
Last Modified: 29 May 2020 08:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item View Item