Ramadhan, Muhammad Anugerah (2019) Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Peran guru mata pelajaran akidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran akidah akhlak untuk mendorong peserta didik untuk melakukan suatu hal yang ingin dicapai dan memotivasi peserta didik agar disiplin dalam mematuhi peraturan-peraturan yang ada di Madrasah. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan peran guru mata pelajaran akidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MAN Pinrang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, subyek yang diteliti adalah guru mata pelajaran akidah akhlak, kepala madrasah, peserta didik. Hasil penelitian yang didapatkan setelah melakukan penelitian dengan menggunankan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, maka terdapat hubungan pemahaman tentang peran guru mata pelajaran akidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MAN Pinrang. Peran guru mata pelajaran akidah akhlak melakukan perannya sebgai motivator dengan beberapa metode yaitu memberikan pembelajaran diselingi motivasi, menasehati dan mencertiakan kisah-kisah inpiratif. Keadaan kedisiplinan peserta didik di MAN Pinrang yaitu kurang disiplin dikarenakan masih banyak peserta didik yang melanggar kode etik di madrasah. Sehubungan dengan hal tersebut peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MAN Pinrang melakukan upaya dengan cara memotivasi, membiasakan, menegur dan memberikan sanksi terhadap peserta didik yang melanggar kode etik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Akidah Akhlak, Memotivasi, Kedisiplinan Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 28 May 2020 08:37
Last Modified: 28 May 2020 08:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item