Yusuf, Mustika (2018) Kerja Sama Guru dan Orang Tua Memotivasi Peserta Didik Mempelajari dan Mengamalkan Ajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik menyakini, memahami, mengahayati, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan untuk mewujudkan pribadi muslim yang beriman, bertakwa kepada Allah swt., dan berakhlak mulia. Pendidikan berlangsung seumur hidup dan tidak lepas dari peran dan tanggung jawab bersama antara sekolah, keluarga, masyarakat, dan pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pengembangannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian, yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: Kerja sama guru dan orang tua sudah berjalan dengan baik, karena adanya konsultasi langsung antara guru dan orang tua mengenai peserta didik, komunikasi via telpon, adanya kunjungan guru ke rumah orang tua peserta didik, serta pertemuan wali kelas dengan orang tua peserta didik. Kedua: Motivasi peserta didik dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam tergolong termotivasi akan tetapi masih ada sebagian peserta didik yang kurang dalam memperhatikan pendidikan agama Islam. Faktor luar motivasi peserta didik dapat berasal dari kemampuan guru dan orang tua. Guru memberikan motivasi belajar peserta didik di sekolah dan perlu memahami kondisi kejiwaan peserta didik, perbedaan karakter peserta didik yang beragam dalam satu ruangan yang harus di buat untuk mempelajari serta mengamalkan ajaran Islam yang di ajarkan. Sedangkan orang tua dapat memberikan motivasi peserta didik di rumah. Ketiga: Kerja sama guru dan orang tua dalam memotivasi peserta didik yaitu dengan saling bekerja sama dalam memotivasi peserta didik untuk mempelajari serta mengamalkan ajaran Islam, memenuhi kebutuhan dan kepentingan peserta didik, seperti adanya kunjungan guru ke rumah orangtua peserta didik, mengundang orang tua datang ke sekolah, mengadakan rapat orang tua yang berkaitan dengan peserta didik, dan mengadakan rapat pembagian raport peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerja sama guru dan orang tua, motivasi peserta didik mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 20 May 2020 09:00 |
Last Modified: | 20 May 2020 09:00 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
View Item |